Minggu, 19 September 2010

Tips Menjebol Password

Mendengar kata password, semua orang akan setuju kalau kata tersebut berhubungan dengan sesuatu yang rahasia, penting, dan tentunya tidak boleh diketahui oleh orang lain. mengamankan data penting dengan password merupakan cara yang efektif untuk menghidari tangan-tangan jahat yang tidak berkepentingan.
Banyak orang berpikir bahwa data yang telah diberi password itu aman. tentu saja, itu tidak 100% benar. Cukup mudah bagi seorang hacker untuk menjebol password karena hacker selalu memilki cara untuk melakukannya. Namun, kita tidak bisa serta merta menyalahkan
hacker. Toh tidak semua hacker itu jahat, banyak juga yang baik contohnya seperti saya  hehehe......

Terlepas dari itu semua, justru kecerobohan biasa terjadi si pengguna password tersebut. banyak yang membuat password dengan menggunakan profil pribadinya. misalnya, nama istri, tanggal lahir, dll. alih-alih supaya mudah diingat, hal itu justru menjadi 'bumerang' bagi dirinya.
Cara nonteknis berarti tidak berhubungan langsung dengan perangkat komputer atau tools tertentu. Cara noteknis sebenarnya lebih ke arah pendekatan (social engineering). Misalnya saja dengan mengobrol atau yang lainnya. Ini ada beberapa data / kata yang sering digunakan password :
sistem operasi yang digunakan,
nama Istrinya, tanggal jadian,
nama anaknya, nama saudara,
tanggal lahirnya, nama pacar,
binatang kesayangan, tempat favorit,

atau apapun yang berkaitan dengan dengan si korban yang sifatnya statis (tidak berubah-ubah). Setelah mendapatkan smuanya itu, anda bisa mencoba menebah password sebagai mana keterangan yang telah anda dapatkan dari si korban.

Ingat : Jangan salahkan saya bila metode ini gagal. toh inikan cuma metode perkiraan atau menebak. dan kalau anda berhasil menghack korban, tolong jangan terlalu sadis yaa.. seperti meng-acak2 file penting korban, bahkan menfitnah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar